Informasi Suhu

Monday, November 14, 2011

Beberapa Istilah Pada Komputer

Beberapa Istilah-istilah Pada Komputer

ISTILAH-ISTILAH YANG SERING DIGUNAKAN PADA KOMPUTER


Benchmark

Jenis pengujian untuk mengukur taraf kerja hardware atau software.


Bit/ Binary Digit


Pada pemrosesan atau penyimpanan data, bit merupakan satuan informasi terkecil yang ditangani komputer dan secara fizikal diwakili oleh suatu aksara tunggal yang disalurkan ke media.


Cache Memory

Sebuah subsistem memori khusus ke tempat mana nilai-nilai data seringkali digunakan ganda untuk akses cepat. Cache memory menyimpan isi lokasi RAM yang sering diakses dan merupakan alamat penyimpanan item data. Atau dengan kata lain tempat penyimpanan sementara di memori komputer yang digunakan untuk menduplikasikan agar akses lebih cepat.


Encryption/ Enkripsi


Proses pembuatan informasi yang tidak dapat dibaca untuk memproteksi informasi dari pengguna yang tidak sah, khususnya selama transmisi atau ketika informasi tersebut disimpan pada medium magnetik yang boleh diangkat-angkat.


Ethernet


Kabel jaringan dan skema protokol akses yang dibuat oleh perusahaan DEC, Intel dan XEROX yang menggunakan topologi (konfigurasi) bus dan mengandalkan pada bentuk akses yang dikenal sebagai CSMA/CD (Carrier Sense Multiple Access with Collision Detection) untuk mengatur lalu lintas pada jalur komunikasi utama.


Firewall


Software yang dikombinasikan dengan hardware khusus yang menciptakan 'dinding pembatas' agar orang luar yang tidak berhak boleh mengakses suatu laman.


Grapical User Interface / GUI


Format tampilan yang mengandalkan interface grafik yang ditunjukkan dengan penggunaan tombol gambar (icon) dan daftar menu pull-down pada layar.


Host


Sebuah komputer yang terhubung ke jaringan, yang menyediakan layanan-layanan ke komputer lain lebih dari sekedar untuk menyimpan dan mengirim informasi.


Multiuser system


Sebarang sistem komputer yang dapat dipakai oleh lebih dari satu orang.


Port

Soket, sejenis stopkontak pada hardware komputer, disebut juga konektor input/ output; yaitu tempat untuk meneruskan data masuk dan keluar dari alat komputasi melalui kabel.

Proxy Server

Server yang menyediakan layanan virtual memory (cache) untuk menyimpan halaman yang sudah pernah dibuka, sehingga pada saat kedua kali user membuka halaman yang sama, maka waktu untuk mengakses lebih singkat. Juga untuk menyediakan layanan filtering, yaitu metode untuk menyaring ip/halaman web/aplikasi mana saja yang boleh diakses dan yang tidak boleh diakses, setting tersebut disimpan dengan nama access-list (acl), yaitu aturan-aturan yang telah ditentukan administrator jaringan.


Query


Proses pengambilan data dari suatu asas data dan menyediakannya untuk dipakai atau suatu himpunan tertentu yang berisi instruksi untuk mengambil data tertentu secara berulang.


Validasi

Pengujian untuk mengukur persesuaian dengan piawaian .



Untuk lebih lengkap lagi, silahkan buka Halaman ini

No comments:

Post a Comment